Jumat, 11 Januari 2013

Makanan khas Kalimantan Selatan


Kota Kandangan merupakan Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), merupakan kota transit bagi kendaraan umum dari Kota Banjarmasin yang akan menuju ke kota lainnnya atau sebaliknya.
Kota kecil ini, memiliki terminal yang cukup sibuk dan sebuah bangunan pasar tua dengan bentuk arsitektur yang mengesankan peninggalan era kolonial. Jika anda singgah di kota ini, cobalah makanan khas Kabupaten HSS Kandangan yang lezat yaitu Ketupat yang dimakan dengan Gulai Ikan Harua (gabus).
Apabila melangkahkan kaki ke daerah Kandangan Kabupaten HSS ini, di setiap warung makanan di pinggir Jalan A Yani, Trans Kalimantan, nyaris semuanya menyediakan menu yang namanya Ketupat Kandangan. Parincahan adalah satu kawasan yang bisa dikatakan sentralnya ketupat kandangan yang terkenal sejak era 1980 an sampai sekarang. Di ruas Jalan A Yani, tepatnya mulai Simpang Lima sampai arah menuju luar kota menuju Kota Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) akan ditemui deretan warung Ketupat.
Ketupat kandangan disediakan dengan gulai santan dan ikan haruan yang dipanggang menggunakan arang kayu dan batok kelapa. Gulai ikan haruan ini juga disajikan dengan cara khas daerah Kandangan. Ikan tidak langsung dicampur dengan kuah gulai, tetapi dibikin terpisah. Setelah dipanggang dalam tusukan sate, barulah haruan (gabus) ini dicelup dalam kuah gulai lalu disajikan bersama potongan-potongan ketupat.
Ikan haruan atau gabus (Ophiocephalus striatus atau Channa striatus) adalah jenis ikan yang banyak hidup di rawa-rawa, bahkan di genangan-genangan air yang masam di Kalimantan Selatan (Kalsel). Dapat dikatakan ikan haruan adalah makanan rakyat Banjar yang umumnya disantap bersama ketupat kandangan. Inilah makanan yang menduduki nilai penting dalam hidangan makanan khas Kalsel.
Bahkan, untuk ikan haruan berapa pun harganya di pasaran akan dibeli warga demi melengkapi hidangan makanan khas, terutama untuk hidangan ketupat kandangan.
Sementara itu, Warung ketupat Kandangan yang terkenal ialah ‘ Warung Ketupat Kaganangan’. Berada di kawasan Parincahan bersebelahan juga dengan warung ketupat yang lainnya. Di warung ini, ketupat ditawarkan dengan satu porsi plus minumnya hanya Rp16.000.
Cukup puas menikmati langsung kuliner Kabupaten HSS, jika langsung datang ke warung tersebut. Tak sedikit para pelancong yang datang ke Kabupaten HSS, tidak pernah melewatkan untuk singgah di warung yang khas menjual ketupat Kandangan tersebut.

SOTO BANJAR


Soto Banjar ini merupakan makanan khas dari Banjarmasin yang  berupa makanan berkuah. Soto ini seperti soto kebanyakan tetap berkuah, tetapi makannya tidak dengan nasi melainkan dengan lontong, karena kalau dengan nasi disini dikenal dengan nasi sop.
Untuk Sotonya sendiri selain ada lontong dan kuah juga dilengkapi dengan irisan-irisan daging ayam dan bihun, dan tentunya es teh manisnya. Tapi bagi mereka yang takut dengan air, sebaiknya harus dipikrkan lagi untuk makan sambil ngapung ini, karena kemungkinan tidak akan berselera walaupun makannya enak banget.

NASI KUNING


Pagi hari biasanya banyak dijual Nasi Kuning. Nasi kuning merupakan makanan wajib untuk sarapan di pagi hari. Harga nasi kuning bervariatif mulai dari 2 ribu sampai 5 ribu rupiah tergantung lauknya.
Nasi kuning biasanya dijual dalam keadaan dibungkus dan biasanya dibungkus dengan daun pisang, lauknya bermacam-macam mulai dari Ikan gabus, Telor, Hati, Ayam, Itik sampai Daging Sapi dan dimasak dengan masak merah (Bhs. Banjar : Masak habang).
Jadi tidak salahnya anda mencoba nasi kuning khas banjarmasin ini juga berkunjung ke kota banjarmasin.

NASI ITIK (BEBEK) GAMBUT


Jika Anda berkesempatan ke Banjarmasin, tentu tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Banjar. Dikatakan sebagai makanan khas, tentu saja karena memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan daerah lain. Menu khas Banjar antara lain Soto Banjar , Ketupat Kandangan , kelelepon Martapura ataupun nasi itik gambut. Nasi itik gambut ini memiliki cita rasa sendiri, rasa itik / bebek gambut ini sangat lembut. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan dan bumbu dengan kualitas nomor satu. Selalu dan selalu akan memanjakan lidah pelanggan. Nasi Bebek gambut ini dapat anda temui dengan mudah jika anda dari bandara syamsudin noor  ke Kota Banjarmasin di sepanjang jalan A. Yani Km 14 (Gambut).
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar